SEDEKAH BUMI (APITAN) DESA GLAPAN TAHUN 2023

  • Jun 11, 2023
  • SITI FIAN PERTIWI
  • LINGKUNGAN, DANA DESA, SENI DAN KEBUDAYAAN, KEGIATAN

Sabtu, 10 Juni 2023 bertempat di rumah bapak kepala desa Glapan telah dilaksanakan serangkaian acara dalam rangka untuk memperingati Sedekah Bumi atau yang biasa disebut dengan Apitan. Acara peringatan ini dilaksanakan setiap satu tahun sekali dan bertempat di rumah Kepala Desa yang menjabat. 

Sedekah Bumi di Desa Glapan sebuah merupakan tradisi budaya yang sudah berjalan dari dahulu yang di selenggarakan seluruh warga Desa Glapan yang merupakan wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas hasil pertanian maupun hasil usaha yang lain.

Susunan acara sedekah bumi atau apitan tahun ini adalah manaqiban serta doa bersama yang dimulai pada pukul 07.00 WIB hingga selesai. Yang kemudian dilanjutkan dengan kirab budaya mengiring gunungan mengitari Desa Glapan yang juga diiring oleh Bapak kepala desa beserta perangkat, BPD dan juga RT RW yang menjabat. Setelah pengiringan gunungan lalu kemudian dilanjutkan dengan istirahat. Setelah ba'da dzuhur dilanjutkanlah acara inti yaitu apitan dimana seluruh warga desa yang datang membawa panggang. Dalam acara apitan ini juga terdapat acara nyiwer rumah kepala desa yang dilakukan oleh seluruh perangkat desa glapan. 

Setelah acara nyiwer selesai, acara selanjutnya adalah perebutan gunungan. Dalam hal ini seluruh warga masyarakat desa Glapan antusias dalam perebutan ini. Gunungan ini merupakan sebuah simbol dari seluruh hasil panen dari warga. Acara kemudian dilanjutkan dengan tahlil dan doa bersama serta diakhiri dengan makan bersama. 

Acara sedekah bumi atau apitan tahun ini berjalan dengan lancar. Masyarakat Desa Glapan juga berharap agar kelak nantinya dalam setiap tahun acara sedekah bumi atau apitan ini selalu terdapat variasi dan perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya. (SID GLAPAN)