PERAYAAN SERTA KARNAVAL HUT RI KE 78 TAHUN DI DESA GLAPAN

  • Aug 18, 2023
  • SITI FIAN PERTIWI
  • DANA DESA, SENI DAN KEBUDAYAAN, PROFIL DESA, KEGIATAN

Karnaval memang menjadi acara tahunan yang biasa dilaksanakan pada saat Bulan Agustus ketika merayakan HUT Kemerdekan RI. Hal ini sudah menjadi tradisi  di Indonesia baik di kota maupun di Desa. Ini sebagai wujud rasa syukur, serta rasa Nasionalisme terhadap Bangsa Indonesia.

Pada hari Kamis (17/08/2023) ratusan warga desa Glapan menyelenggarakan karnaval untuk memeriahkan hari kemerdekaan RI yang ke 77 tahun. Seperti pada tahun sebelumnya, acara karnaval ini dihadiri dan dimeriahkan dari berbagai lapisan masyarakat baik Kepala Desa dan perangkatnya yang mengenakan pakaian adat, ibu-ibu PKK, seluruh ketua RT dan RW se-Desa Glapan, pemuda karang taruna dengan kekompakannya serta seluruh masyarakat yang mengenakan kostum yang unik-unik, dan warga masyarakat per RT maupun per RW yang melakukan dance dalam perjalanan karnaval serta masih banyak keseruan yang lainnya.

Sebelum acara karnaval dimulai, semua warga masyarakat desa Glapan berkumpul terlebih dahulu di Lapangan Volly Dusun Nangkluk yang mana ini merupakan titik kumpul serta start utama perjalanan rute karnaval. Rute karnaval ini dimulai dari Lapangan Volly Dusun Nangkluk dan berakhir di perbatasan antara Desa Glapan dengan Desa Ginggangtani. Perjalanan karnaval dimulai pada pukul 14.30 WIB dimana matahari juga masih sangat terik. Namun, hal tersebut tidak mempengaruhi antusiasme warga masyarakt desa Glapan. Perjalanan karnaval ini pun juga dibantu oleh hansip-hansip desa Glapan untuk mengatur kelancaran lalu lintas yang ada. Karnaval berakhir atau selesai pada pukul 16.00 WIB dan berjalan dengan tertib, aman dan lancar.